Sabtu, Januari 06, 2007

SumberDaya

Dalam Ilmu Strategi pemasaran dikenal dengan istilah  analisis SWOT , Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (Kesempatan),  Threat( ancaman). Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari secara tak sadar kita telah melakukan hal ini. Memang secara naluriah untuk melakukan sesuatu kita pasti akan berpikir apa sumber daya (kekuatan) yang dimiliki. Mungkin secara awam menilai bahwa yang dimaksud dengan sumber daya ini yang terlintas adalah modal, yang lebih spesifik lagi adalah uang. Timbul suatu pertanyaan apakah benar untuk melakukan sesuatu itu kita harus mempunyai uang. Jadi dapat dikatakan bahwa uang adalah sesuatu yang mendasar untuk melakukan sesuatu atau membuat suatu usaha. Benarkah pernyataan ini.....?

Sumber daya jika di klasifikasikan ada yang disebut sumber daya alam dan sumber daya manusia.  Diantara kedua ini sama-sama diperlukan untuk melakukan sesuatu atau dalam konteks untuk membangun. Namun jika kita bandingkan diantara keduanya manakah yang lebih penting. Mungkin ada yang memilih sumber daya alam dan ada juga yang memilih sumber daya manusia. Keduanya tidak salah namun coba dilihat dan kita kaji lebih jauh dapatkah sumber daya alam bisa menjadi sesuatu yang berguna tanpa ada campur tangan manusia, dan sebaliknya dapatkah sumberdaya manusia menjadikan sesuatu tanpa adanya sumber daya alam....??

Manusia diciptakan untuk menjadi yang sempurna di antara semua cipta-Nya. Alangkah naifnya jika kalah dengan makhluk lainnya, yang diciptakan tanpa akal budi. Sumber daya manusia adalah sesuatu yang paling berharga untuk melakukan sesuatu. Jadi tidaklah benar bahwa untuk melakukan sesuatu itu kita harus memerlukan uang. Lalu timbul pertanyaan bagaimana kita akan melakukan sesuatu tanpa modal uang...???

Uang adalah segalanya...., ada sebagian orang atau mungkin seluruhnya menyatakan uang adalah segalanya.Jika ada uang kita dapat melakukan apa saja, mau berbuat apa saja. Hal ini mungkin timbul karena adanya pemikiran yang kapitalis, dimana segala sesuatu dinilai dengan  uang. Jika kita kembali lagi di pernyataan diatas memang uang adalah termasuk sumber daya, namun sumber daya apakah uang itu apakah termasuk sumber daya alam atau sumber daya manusia, atau mungkin gabungan antara keduanya. Sumber daya apakah uang..itu....????

Uang adalah suatu alat yang dipergunakan untuk mempermudah manusia dalam bertransaksi..., siapakah yang menciptakan uang ..?. Tentu kita semua tahu bahwa uang adalah cipta manusia. Mana yang lebih tinggi nilainya antara pencipta dengan hasil yang diciptakan. Dewasa ini timbul sesuatu yang kontradiksi dimana sang pencipta harus tunduk dengan ciptaannya.

Uang bukan segalanya...,pada dasarnya uang diciptakan untuk mempermudah manusia dalam bertransaksi. Terciptanya uang karena manusia ingin mempermudah menilai sesuatu dengan nilai yang baku. Sesuatu tersebut dapat berbentuk barang atau sesuatu yang dianggap bernilai.....bersambung

 

 

0 komentar: